Geopark Ciletuh

Menghabiskan Waktu Weekend Bersama Keluarga di Geopark Ciletuh

Posted on

Tahun ini, kalian punya alasan baru tuk wisata ke Sukabumi, Jawa Barat. Karena, ada tujuan wisata yang menjadi primadona anyar di kawasan ini. Apalagi bila bukan Geopark Ciletuh. Ya, geopark alias taman alam batu-batuan tua Ciletuh ini telah resmi menjadi Geopark Nasional. Statusnya dikukuhkan Kementerian ESDM & UNESCO. Keren! Nah, semenjak mendapatkan status baru ini, geopark Ciletuh dibanjiri traveler dari belahan kawasan Nusantara yang mau melihat keindahan alam serta formasi batu-batuannya yang eksotik. Pengunjung yang diperkenankan memasuki kawasan ini juga dibatasi jumlahnya, guna memelihara keindahan geopark ciletuh.

Apasih istimewanya Ciletuh? Di kawasan yang dihiasi perbukitan hijau ini, kalian bakal terpikat dengan pesona bentangan batuan purba result proses sedimentasi jutaan tahun lampau. Batuan alam yang ada di geopark ini adalah hasil sedimentasi beragam fosil, patahan, serta lempengan bumi. Disamping itu, kawasan ini punya 10 air terjun cantik yang dilingkupi hutan serta tebing batu-batuan, yang jelas saja harus kalian saksikan. Beberapa yang tercantik merupakan Curug Cimarinjung, Sodong, Awang, Cikanteh, dan Ngelay.

Untuk lihat Geopark Ciletuh secara utuh, kalian musti trekking menuju Puncak Dharma, yang menghabiskan waktu 1,5 jam menerobos hutan. Inilah potensi tuk menikmati nuansa hutan, kicauan burung, serta udara adem yang menenangkan jiwa (meskipun capek, hehe). Puncak Dharma merupakan primadona Ciletuh. Bila kalian ke Ciletuh, jangan ketinggalan mampir di Paninjauan sebelum merangkak pulang. Dari obyek Paninjauan, kalian bisa lihat teluk Ciletuh dari ketinggian. Spot mutakhir ada di hadapan warung makan ataupun villa Taman Lestari Bukit Paninjauan. Paninjauan itu merupakan salah satu area di tepi jalan, dimana dari sini kalian semua dan para wisatawan lain bisa melihat teluk Ciletuh dari ketinggian. Kalian bisa menikmatinya dari salah satu spot di seberang warung makan, atau pun bisa menikmatinya dari satu villa.

Di sanalah, kalian bakal melihat pemandangan “ajaib” yang terbentang, memamerkan sawah hijau, bukit, rumah-rumah penduduk, sampai Samudera Hindia dari kejauhan. Wow! Pokoknya, pariwisata alam ini sempurna menjadi “pelarian” dari kehidupan kota yang ramai. Jaraknya dari Jakarta tidak begitu jauh, cuma 3 jam perjalanan naik mobil (disarankan naik mobil 4×4 tuk mencapai wilayah ini sebab medannya cukup sulit).

Dari Sukabumi, kalian bisa pilih rute via Cibadak, ke arah Pelabuhan Ratu, kemudian belok ke Simpenan, sampai Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciomas. Geopark Ciletuh lebih tepatnya ada Ciomas, Kabupaten Sukabumi. Tertarik menghabiskan weekend di Kota Sukabumi? Sebaiknya bermalam saja di homestay disana. Tidak hanya Geopark Ciletuh yang bisa kalian kunjungi. Ada banyak wisata keren lainnya di Sukabumi, semacam Pelabuhan Ratu, Goa Buniayu, Pantai Cimaja, atau Pantai Ujung Genteng. Mau sambil rafting Arus Liar di Sungai Citarik ataupun Cherokee di Sungai Citatih? Langsung pesan Paket wisata yang murah yang disediakan oleh para jasa travel Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *