Tembok Raksasa Sumbar

Tidak Hanya Ada di China, Tembok Raksasa Pun Ada di Indonesia

Posted on

Melihat megahnya ‘Great Wall’ tidak perlu jauh-jauh anda datang ke negeri RCC (Tiongkok) sana. Mengingat ada satu tempat di Indonesia punya tembok besar yang sama yaitu Kota Bukittinggi. Kota Bukittinggi di Sumatera Barat pun punya, Janjang Koto Gadang julukannya. Inilah obyek wisata anyar di Sumatera Barat yang membawa-bawa Anda seakan-akan seperti sedang mengitari Tembok besar nan kuat yang ada di negeri tirai bambu sana. Janjang Koto Gadang mengaitkan kawasan Bukittinggi dan Agam. Dilongok dari situs web resmi Pemerintah Sumatera Barat, objek anyar ini melengkapi ikon bagi pariwisata di kawasan Sumatera Barat.

Mungkin memang terkenal baru saat tahun 2013, dan memang tahun itu adah tahun didedikasikannya Janjang Koto Gadang sebagai hari resmi pembukaan pariwisata ini. Tapi sekarang sudah 4 tahun berlalu, tepatnya tahun 2017, tentu saja semakin banyak orang-orang yang mengetahui eksistensinya dari wisata tembok raksasa di Sumatera Barat, Indonesia ini. Apalagi sekarang sudah ada sistem wisata Go Digital yang memiliki fitur canggih, salah satunya yang sudah dimanfaatkan oleh kota pariwisata yang ada di Jawa Tengah.

Great Wall khas Sumatera Barat ini punya panjang kira-kira 1 km. Mengingat menghubungkan satu tempat, ada 2 pintu masuk bagi pengunjung yang hendak menapakkan kaki di atas, samping, atau bawah tembok raksasa ini. Saya dan beberapa teman sempat berkunjung ke obyek wisata baru ini sekian waktu lalu kira-kira sih tahun 2015. Dari Bukittinggi, wisatawan disarankan untuk masuk melalui pintu yang letaknya tidak jauh dari Lobang Jepang. Dari tempat ini, wisatawan akan lewat jalan menurun.

Siap-siap terpana dengan panorama yang disuguhkan oleh alam buatan great wall khas Sumatera Barat. Mata Anda akan dihadapkan pada kegagahan Ngarai Sianok, sawah-sawah dan tebing-tebing gahar. Jeprt! Jeprit! Jangan sia-siakan waktu luang disana tuk mengabadikan momen via jepretan lensa kamera smartphone atau DSLR. Berposelah selayaknya ada di Great Wall China. Tidak hanya itu, disana ada pula jembatan gantung juga anak tangga yang tinggi. Sebagian titik juga disiapkan pos-pos, guna area beristirahat sembari menikmati panorama sungai, sawah, juga tebing. Sungguh, perlu stamina kuat dan adrenalin yang pantang menyerah tuk mengeksplor tempat ini. Bila ingin menuntaskan perjalanan di Janjang Koto Gadang ini, saya sarankan kamu semua membawa air minum. Jarak tempuh dengan jauh 1 km pasti membuat tenggorokan Anda meminta untuk dibasahi dengan air mineral atau isotonik. Terlebih, medan yang ditempuh lumayan menantang. Anda musti trekking di jalur mendaki juga menurun. Jika sekira tak kuat, saya sarankan cukup jelajah separuh perjalanan saja. Jangan dipaksakan karena ditakutkan ada hal tidak diinginkan terjadi kepada tubuh anda atau rombongan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *